Sebelum Indonesia, 7 Negara Ini Ternyata Pernah Memindahkan Ibu Kota Negaranya

Pemindahan ibu kota Indonesia hingga kini masih jadi topik hangat yang terus dikaji. Meski begitu, pemindahan ibu kota sebuah negara sering terjadi.

Sebelum Indonesia, 7 Negara Ini Ternyata Pernah Memindahkan Ibu Kota Negaranya
Buzzfeed
Australia 

Sebelum Indonesia, 7 Negara Ini Ternyata Pernah Memindahkan Ibu Kota Negaranya.

TRIBUNSTYLE.COM - Media sosial belakangan ini diramaikan dengan pembahasan tentang rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia ke luar Pulau Jawa ya, girls. 

Meski wacana ini sudah ada sejak lama namun dilansir dari kompas.com, rencana pemindahan ibu kota Indonesia ini ternyata sudah menjadi isu strategis. 

Enggak hanya itu, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Adita Irawati bahkan mengatakan kalau rencana pemindahan ibu kota Indonesia akan dibahas dalam rapat terbatas senin, 29 April 2019 lalu. 

Seperti yang kita tahu pada 3 Januari 2018 lalu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan sudah menyerahkan kajian awal terkait rencana pemindahan ibu kota kepada Presiden Joko Widodo. 

Pemindahan ibu kota Indonesia hingga kini masih jadi topik hangat yang terus dikaji. Meski begitu, pemindahan ibu kota sebuah negara sering terjadi. 

Beberapa alasan yang menjadi latar belakang pemindahan ibu kota ialah kepadatan penduduk.

Selain itu, ibu kota baru sebelumnya merupakan daerah yang belum dikembangkan sehingga bisa memacu pembangunan juga bisa menjadi alasan pemindahan ibu kota. 

Ibu kota baru yang dipilih biasanya berdada di daerah yang dianggap netral terhadap kelompok etnis atau agama, bisa mendorong persatuan dan kesatuan, keamanan serta kemakmuran. 

Bukan hanya Indonesia, beberapa negara ini ternyata pernah memindahkan ibu kota negaranya. Apa saja?

Jokowi Rencanakan Ibu Kota Indonesia di Pindah Luar Jawa, Twitter Ramai #IndonesiaIbuKotaBaru

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Triroessita Intan Pertiwi
Sumber: cewekbanget.id
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved