Pemilu 2019

Berlangsung Lama, Ini Nih Alur Penghitungan Real Count dari TPS Hingga ke KPU Pusat

Bingung kenapa real count berlangsung sangat lama? ini nih alur penghitungan suara dari TPS hingga ke KPU Pusat.

Berlangsung Lama, Ini Nih Alur Penghitungan Real Count dari TPS Hingga ke KPU Pusat
TribunJakarta.com, Ega Alfreda
Petugas KPPS di TPS 07 Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang yang mengenakan pakaian seragam Sekolah Dasar saat Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNSTYLE.COM Kita pasti penasaran dengan hasil pemilu 2019 yang secara resmi diunggah oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Dilansir dari Kompas.com, komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthoei menjelaskan asal mula data perolehan suara yang ditampilkan di Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik KPU.

Pramono mengatakan bahwa data yang tertampil pada Situng berbasis pada formulis C1 kuarto yang dipindai dan diunggah ke situs pemilu2019.kpu.go.id.

Biasanya Kita Mendengar Istilah Quick Count, Exit Poll, dan Real Count Saat Pemilu, Ini Bedanya

Formulir C1 sendiri adalah catatan hasil penghitungan suara di TPS. Hasil suara awalnya dicatat di formulir C1 plano, kemudian dipindahkan ke C1 kuarto yang lebih kecil.

“Kalau berbasis scan C1 kan harus menunggu proses penghitungan suara di TPS selesai. Nah selesainya itu kan kira-kira baru di penghitungan di tengah malam. Lalu penyalinannya, dari C1 plano ke C1 kecil itukan berarti dalam waktu dini hari sampai pagi," ujar Pramono dilansir dari Kompas.com.

Formulir C1 selanjutnya dibawa ke tingkat kecamatan setelah dicatat di TPS untuk dilakukan proses rekapitulasi penghitungan suara.

Kemudian, formulir C1 juga akan dibagikan ke saksi dan pengawas pemilu yang bertugas.

Proses rekapitulasi penghitungan suara berjenjang dari tingkat kecamatan dilanjutkan ke KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi, hingga KPU RI.

"Nanti di kabupaten kota itulah nanti di-scan. Jadi kira-kira dalam perkiraan kita dalam besok siang Situng kita udah mulai ada isinya," ujar Pramono.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Archieva Nuzulia Prisyta Devi
Sumber: cewekbanget.id
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved