Breaking News:

Masuk Daftar Global Thinker 2019, Susi Pudjiastuti, 'Senang Saya, Berarti Aku Dianggap Pintar Dong'

Sebuah kabar yang membanggakan buat Indonesia datang dari salah satu menteri perempuannya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

TribunStyle/Kolase
Susi Pudjiastuti 

TRIBUNSTYLE.COM - Sebuah kabar yang membanggakan buat Indonesia datang dari salah satu menteri perempuannya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Yup! Baru-baru ini, nama Susi Pudjiastuti diketahui masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan versi majalah ternama Foreign Policy (Top Global Thinker 2019 atau Daftar Pemikir Terbaik Dunia).

"Senang saya, berarti aku dianggap pintar dong, pemikirannya dianggap bagus dong. Gitu saja," kata Susi Pudjiastuti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/1), dilansir dari WartaKota.

"Ya mungkin itu saja maksudnya, ya gembira, bangga. Gini-gini saya pemikirannya diakui, gitu kan?" papar Susi Pudjiastuti.

Menurut Susi Pudjiastuti, kebijakan penenggelaman kapal-kapal mencari ikan di laut Indonesia secara ilegal adalah bagian dari keamanan laut Indonesia, dan barangkali hal tersebutlah yang menjadi penilaian.

Menteri Susi Pudjiastuti Langsung Tinjau Wilayah Pesisir yang Terkena Tsunami Tanjung Lesung

Nah! Dalam editorialnya, Foreign Policy pun memaparkan alasan masuknya nama Susi Pudjiastuti ke dalam daftar.

Salah satunya, betul karena komitmen Susi Pudjiastuti dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut, sekalipun dengan aksi-aksi “menakutkan”—hingga menenggelamkan kapal yang melakukan aktivitas ilegal di wilayah laut Indonesia.

"Dia tidak segan-segan menggunakan taktik menakut-nakuti. Susi dikenal karena meledakkan kapal yang tertangkap karena melakukan illegal fishing di perairan Indonesia," tulis Foreign Policy.

Komitmen yang dimaksud Foreign Policy tentu sering kita lihat lewat keberanian Susi Pudjiastuti menghasilkan kebijakan yang dianggap menakutkan, serta kerap menuai pro dan kontra.

Susi Pudjiastuti pun dianggap berhasil dalam mempertahankan dan mengamankan pasokan ikan dalam negeri dengan cara memberantas kapal-kapal pencuri ikan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Melia Istighfaroh
Sumber: Tabloid Nova
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved