Kecelakaan Lion Air

KNKT Rilis Laporan Lion Air JT610: Pesawat Sudah Bermasalah dan Tidak Layak Terbang

KNKT mengumumkan hasil investigasi Lion Air JT 610, pesawat disebut sudah bermasalah sebelumnya dan tidak layak terbang.

KNKT Rilis Laporan Lion Air JT610: Pesawat Sudah Bermasalah dan Tidak Layak Terbang
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat memberikan keterangan pers penemuan Black box Lion Air JT 610 di Tanjung priuk JICT 2, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018). Black box ditemukan di lokasi berjarak 400 meter dari lokasi terakhir hilangnya Lion Air JT 610 dengan kedalaman 30 meter. 

TRIBUNSTYLE.COMKNKT mengumumkan hasil investigasi Lion Air  JT 610, pesawat disebut sudah bermasalah sebelumnya dan tidak layak terbang.

Komite Nasional Keselamatan transportasi (KNKT) telah mengumumkan hasil investigasi awal terjadinya kecelakaan pesawat Lion Air penerbangan JT610.

Seperti diketahui, Pesawat Lion Air JT610 jatuh di perairan Karawang saat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pangkalpinang, pada 29 Oktober 2018 lalu.

Berdasarkan hasil laporan KNKT, pesawat Lion Air JT610 ternyata telah bermasalah sejak tiga hari sebelum terjadinya kecelakaan.

Selama tiga hari sebelum kejadian, tepatnya sejak tanggal 26 Oktober 2018, terdapat sebanyak enam gangguan yang ada dalam pesawat.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Subkomite Investigasi KNKT Nurcahyo Utomo.

"Dari data perawatan pesawat, sejak tanggal 26 Oktober, tercatat ada enam masalah atau enam gangguan yang tercatat di pesawat ini," ujar Nurcahyo Utomo, seperti yang dilansir dari Kompas.com, Rabu (28/11/2018).

Hasil Cek Black Box, Benarkah Pesawat Lion Air JT 610 Tak Layak Terbang Sebelum Jatuh? Ini Kata KNKT

Daftar Lengkap Nama 125 Jenazah Korban Lion Air JT 610 yang Berhasil Diindentifikasi

Sebulan Menanti, Tantri Namirah Lega Jenazah Sepupunya yang Menjadi Korban Lion Air JT610 Ditemukan

Enam masalah tersebut berkaitan dengan indikator kecepatan dan ketinggian pesawat.

Masalah tersebut terus berlanjut hingga sampai pada penerbangan terakhir sebelum pesawat jatuh di perairan Karawang.

Masalah yang ada pada pesawat tersebut tercatat dalam buku perawatan pesawat.

Kepala Badan SAR Nasional menyapa seorang anggota keluarga penunpang Lion air JT 610 di KRI Banjarmasin, Selasa (6/11/2018).
Kepala Badan SAR Nasional menyapa seorang anggota keluarga penunpang Lion air JT 610 di KRI Banjarmasin, Selasa (6/11/2018). (TribunStyle.com Kolase/ KOMPAS TV/KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Listusista Anggeng Rasmi
Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved