Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB untuk Keempat Kalinya

Selain Indonesia, tugas sebagai anggota Dewan Keamanan juga menjadi yang pertama untuk Republik Dominika maupun Afrika Selatan.

Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Dewan Keamanan PBB untuk  Keempat Kalinya
SomTribune

TRIBUNSTYLE.COM - Untuk keempat kalinya Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan Keamanan.

Kepastian itu diputuskan dalam pertamuan Majelis Umum PBB pada Jumat (8/6/2018).

Ada lioma negara yang terpilih jadi anggota Dewan Keamanan mulai tugas 1 Januari 2019 yaitu Indonesia, Jerman, Belgia, Afrika Selatan dan Republik Dominika.

Kelima negara tersebut akan menempati posisi sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan untuk masa jabatan selama dua tahun hingga akhir 2020 mendatang.

Dewan Keamanan PBB merupakan satu-satunya dewan badan PBB yang berwenang dalam membuat keputusan mengikat secara hukum dan memiliki kuasa untuk menjatuhkan sanksi maupun mengesahkan pengerahan kekuatan.

Inilah Foto-foto Langka Dimana Putri Diana Nekat Datangi Camilla & Prince Charles di Sebuah Acara

Selain Indonesia, tugas sebagai anggota Dewan Keamanan juga menjadi yang pertama untuk Republik Dominika maupun Afrika Selatan.

Sedangkan Jerman sudah enam kali terpilih.

Melansir dari Reuters.com, Indonesia memperoleh lebih banyak suara dibanding Maladewa untuk satu tempat terakhir yang diperebutkan, sementara empat negara lainnya lolos tanpa perlawanan. 

Kelima negara yang terpilih itu akan  menggantikan anggota Dewan Keamanan yang akan habis masa jabatannya pada akhir 2018, yakni Swedia, Belanda, Etiopia, Bolivia dan Kazakhstan yang menjabat sejak 2017.

Dewan Keamanan PBB terdiri dari lima anggota tetap, yakni AS, Rusia, China, Inggris dan Perancis, serta sepuluh anggota tidak tetap yang menjabat selama dua tahun.

Setiap tahun Majelis Umum PBB memilih lima negara melalui pemungutan suara tertutup.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul "Pertama Kalinya Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB"

Yuk Subscribe YouTube dan Like Fanpage TribunStyle.com di bawah ini:

Ikuti kami di
Editor: Amirul Muttaqin
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved