Hari Ibu

Peringati Hari Ibu di Indonesia, Google Doodle Tampilkan Gambar Sepasang Sepatu Ibu dan Anak

Tampak dua pasang sepatu, satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil. Seperti sepatu seorang ibu dan putra/putrinya.

Peringati Hari Ibu di Indonesia, Google Doodle Tampilkan Gambar Sepasang Sepatu Ibu dan Anak
Screenshot laman Google 22 Desember 2016.
Google Doodle Hari Ibu 2016. 

TRIBUNSTYLE.COM - Mesin pencarian Google menampilkan doodle unik hari ini, Kamis (22/12/2016). Tampak dua pasang sepatu, satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil. Seperti sepatu seorang ibu dan putra/putrinya.

Doodle tersebut tak lain untuk memperingati "Hari Ibu", sebagaimana pantauan KompasTekno. Di Indonesia, hari spesial bagi perempuan tersebut diperingati secara nasional.

Tanggal 22 Desember sendiri ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Sementara itu, di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Italia, dan Jepang, Hari Ibu diperingati pada Minggu kedua bulan Mei.

Mulanya, Hari Ibu dirayakan dengan membebastugaskan sang ibu dari berbagai tugas domestik. Selama satu hari, masyarakat diajak merenungkan betapa besar peran seorang ibu untuk anak, suami, dan lingkungan sosialnya.

Lalu seiring perkembangan zaman, perayaan Hari Ibu telah banyak dimodifikasi. Ada yang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara serta kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Pada dasarnya, esensi hari ibu tak jauh-jauh dari penghargaan pada sosok ibu dan kaum perempuan pada umumnya. (Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com)

Ikuti kami di
Editor: Cecylia Rura Patulak
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved