5 Gejala Awal Terkena Penyakit Diabetes Seperti yang Diderita Penyanyi Keroncong Mus Mulyadi

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 1 dari 4 orang beresiko terkena diabetes.

5 Gejala Awal Terkena Penyakit Diabetes Seperti yang Diderita Penyanyi Keroncong Mus Mulyadi
Instagram @mas9areng
Mus Mulyadi meninggal dunia 

TRIBUNSTYLE.COM - Berita duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Tepatnya dari penyanyi keroncong Mus Mulyadi. Ia meninggal dunia di usia 73 tahun pada Kamis (11/4). 

Dilansir dari Tribunnews.com, Mus Mulyadi meinggal akibat penyakit diabetes yang sudah lama dideritanya.

Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 1 dari 4 orang beresiko terkena diabetes.

Meskipun pada beberapa kasus diabetes muncul gejala khas seperti sering buang air kecil atau luka yang sulit sembuh, tapi ada juga yang tidak biasa dan kerap dianggap angin lalu. Oleh sebab itu, perhatikan lima gejawa awal diabetes yang tak terduga ini agar kita bisa menangani diabetes lebih dini:

Inilah Deretan Lagu Populer Mus Mulyadi Tak Kalah Apik Dibawakan Ulang Oleh Kaum Milenial Masa Kini

Perubahan pada kulit

Jangan abaikan bila ada perubahan tak biasa pada kulit. Bila warnanya menjadi lebih gelap, bersisik di daerah lipatan, terutama di bagian belakang leher, siku, atau buku-buku jari, padahal Anda cukup rajin melakukan perawatan, kondisi tersebut sering menjadi peringatan awal dari kadar gula darah yang terlalu tinggi.

“Meskipun genetika atau kondisi hormonal dapat menyebabkan gangguan kulit yang disebut acanthosis nigricans, tapi ketika saya melihat kondisi ini, hal pertama yang saya lakukan pada pasien ialah melakukan tes gula darah," kata Sanjiv Saini, MD, dermatolog di Edgewater, Maryland.

Sebelum Meninggal Dunia, Mus Mulyadi Sempat Alami Kebutaan Hingga Ingin Bunuh Diri

Kadar insulin yang tinggi mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan melanin. Pigmen dalam sel-sel kulit akhirnya akan menimbulkan bercak-bercak hitam. Tes gula darah dapat menunjukkan apakah pasien sudah memiliki diabetes, atau sekadar mendeteksi kadar gula darah sebagai cara untuk mendeteksi penyakit.

“Melakukan diet dan penurunan berat badan setidaknya bisa mengurangi tingginya kadar gula darah dan dapat membantu pembersihan kulit,” lanjut Saini.

Penglihatan menjadi lebih tajam tanpa sebab

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Ika Putri Bramasti
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved