Manfaat Mengkonsumsi Kopi Sebelum Olahraga, Meningkatkan Kinerja Tubuh Secara Maksimal

Simak manfaat mengkonsumsi kopi sebelum olahraga yang dapat meningkatkan kinerja tubuh secara maksimal. Menurut British Journal of Sports Medicine.

Manfaat Mengkonsumsi Kopi Sebelum Olahraga, Meningkatkan Kinerja Tubuh Secara Maksimal
BRIGHTSIDE
Fakta makanan 

Simak manfaat mengkonsumsi kopi sebelum olahraga yang dapat meningkatkan kinerja tubuh secara maksimal. Menurut British Journal of Sports Medicine.

TRIBUNSTYLE.COM - Mengkonsumsi kafein atau kopi sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja selama berbagai tugas latihan, menurut review jurnal terbaru dari penelitian.

Kopi dan kafein lebih sering diartikan minuman yang tidak baik, namun dari beberapa penelitian banyak menunjukkan bahwa kafein membantu kinerja tubuh.

Dan dilihat dari hasil penelitian ini juga menjelaskan bagaimana kopi atau kafein dapat membantu menambah energi.

Tribunstyle mengutip dari Reuters, mungkin dapat dikatakan lebih tepatnya adalah kopi dan kafein dapat membantu meningkatkan kinerja tubuh secara maksimal sesuai tulisan para peneliti dalam British Journal of Sports Medicine.

"Suplementasi dengan kafein sangat lazim di kalangan atlet profesional, bahkan suatu studi dari tahun 2011 menunjukkan bahwa sekitar 75 persen sampel urin dari atlet yang bersaing di Olimpiade mengandung kadar kafein" kata penulis utama Jozo Grgic dari Victoria University di Melbourne, Australia.

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi (9Coach - Nine)

7 Manfaat Makan Buah Kiwi Setiap Hari Bagi Kesehatan, dari Cegah Kanker Hingga Tolak Penuaan Dini

Tipe Bau Badan Seseorang Menunjukan Kondisi Kesehatan yang Sedang Dirasakan

Telapak Tangan Selalu Berkeringat Basah Pertanda Lemah Jantung? Ini Penjelasannya Menurut Kesehatan

Pada tahun 2004, kafein dihapus dari daftar zat-zat terlarang oleh Badan Anti-Doping Dunia yang melarang konsumsinya selama kompetisi dilangsungkan.

"Sejak itu, asupan kafein di kalangan atlet meningkat secara signifikan" kata Grgic kepada Reuters Health.

Grgic dan rekannya melakukan sebuah tinjauan "Umbrella Review" yang berarti mereka melihat hasil penelitian sebelumnya yang menganalisis beberapa studi tentang kafein dan menghubungkannya dengan performa olahraga.

Grgic mengatakan bahwa mereka meneliti 21 penelitian sebelumnya yang dilakukan antara tahun 2004 sampai 2018, dan menganalisis 19 studi yang berkaitan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Dhimas Yanuar Nur Rochmat
Editor: Melia Istighfaroh
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved