Penembakan di Masjid Selandia Baru

Benarkah Penembakan Brutal Brenton Tarrant di Selandia Baru Terpicu Game Kekerasan? Ini Jawabannya

Benarkah Penembakan Brutal Brenton Tarrant di Selandia Baru Terpicu Game Kekerasan? Ini Jawabannya...

Benarkah Penembakan Brutal Brenton Tarrant di Selandia Baru Terpicu Game Kekerasan? Ini Jawabannya
Business Insider
Game kekerasan 

TRIBUNSTYLE.COM - Benarkah penembakan brutal di Masjid kota Christchurch Selandia Baru oleh Brenton Tarrant sebagai dampak dari menonton video kekerasan?

Pertanyaan ini selalu mengemuka setiap kali terjadi aksi terorisme brutal.

Selalu muncul pertanyaan, adakah kaitan antara kebiasaan menonton game / permainan berbau kekerasan dan efeknya terhadap agresivitas menyerang orang lain?

Yang pasti, nama Brenton Tarrant bisa dipastikan menjadi pembicaraan di berbagai belahan dunia, saat ini.

Brenton Tarrant, secara brutal menembaki jamaah masjid yang hendak menunaikan ibadah Salat Jumat di Selandia Baru, Jumat (15/3/2019).

3 Nama Kontroversial di Senapan Brenton Tarrant Penembak Brutal di Selandia Baru, Ini Jejak Rekamnya

Kisah Pengurus Masjid Christchurch Selandia Baru Hadang Teroris dan Merebut Senjatanya Tapi Gagal

Korban penembakan teroris di Selandia Baru dievakuasi.
Korban penembakan teroris di Selandia Baru dievakuasi. (TV New Zealand/AFP)

Tindakan biadab Tarrant, yang tak mengenal prikemanusian, membuat kaget sejumlah orang yang mengaku kenal dengannya.

Sebanyak 49 orang tewas akibat serangan membabibuta Tarrant dan senjata laras panjangnya.

Mengutip Kompas.com, perdebatan mengenai adanya hubungan antara game dan film bertema kekerasan dengan sifat agresif dalam kehidupan nyata telah cukup lama berlangsung.

Brenton Tarrant, pria biadab yang melakukan aksi penembakan brutal para jamaah Salat Jumat di Selandia Baru.
Brenton Tarrant, pria biadab yang melakukan aksi penembakan brutal para jamaah Salat Jumat di Selandia Baru. (heavy.com)

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, bahwa orang-orang yang bermain video game kekerasan dapat menjadi lebih peka terhadap kekerasan, menjadi lebih agresif, dan menunjukkan tingkat empati yang lebih rendah.

Tetapi, tim peneliti di Jerman mengatakan, dalam jangka panjang, game atau film bertema kekerasan dengan perilaku agresif tidak ada hubungannya.

Namun, dalam jangka pendek kemungkinan ada.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Vega Dhini Lestari
Editor: Agung Budi Santoso
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved