Cegah Depresi dengan Rutin Berolahraga, Duduk Bisa Diganti Lari 15 Menit!

Yuk cegah depresi dengan berolahraga setiap hari, minimal mengganti duduk dengan lari selama 15 menit.

Cegah Depresi dengan Rutin Berolahraga, Duduk Bisa Diganti Lari 15 Menit!
inhabitat.com
Ilustrasi 

TRIBUNSTYLE.COM - Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga secara teratur benar-benar dapat mencegah depresi.

Dipublikasikan pada jurnal JAMA Psychiatry, studi tersebut menggunakan sebuah analisis genetika untuk membuktikan kaitan antara aktivitas fisik dengan depresi.

Ada banyak sekali data yang terlibat: sebuah pengukuran aktivitas didasarkan pada dokumentasi pribadi 377 ribu orang, dari 91 ribu orang yang mengenakan sensor gerak di tangannya, serta tingkat depresi 143 ribu partisipan.

Tips Olahraga Sesuai Usia, Remaja Dianjurkan Melakukan Latihan Aerobik!

Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin banyak aktivitas fisik yang tercatat pada sensor gerak, maka semakin besar potensi mereka terhindar dari depresi.

Meski begitu, dari dokumentasi aktivitas fisik yang dilaporkan sendiri oleh partisipan, tidak menunjukkan adanya penurunan depresi.

Hal ini mungkin karena tidak semua partisipan mengatakan hal sebenarnya tentang olahraga yang mereka lakukan.

Bisa juga karena standar aktivitas fisik setiap orang berbeda-beda.

Menurut Karmel Choi, Ph.D, pemimpin penelitian dari Psychiatric and Neurodevelopmental Genetics Unit at the Massachusetts General Hospital Center for Genomic Medicine, melakukan lebih banyak aktivitas fisik melindungi kita dari depresi.

"Aktivitas ringan pun lebih baik dibanding tidak melakukan apa-apa. Perhitungan kasar kami menunjukkan bahwa mengganti kebiasaan duduk dengan berlari selama 15 menit, cukup untuk menurunkan risiko depresi," paparnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Archieva Nuzulia Prisyta Devi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved