Ikan Cupang Ternyata Ampuh Berantas Jentik Nyamuk, Yuk Pelihara untuk Cegah Penyakit Demam Berdarah!

Gemar makan jentik nyamuk, ikan cupang ternyata efektif untuk mencegah munculnya nyamuk Aedes aegypti.

Ikan Cupang Ternyata Ampuh Berantas Jentik Nyamuk, Yuk Pelihara untuk Cegah Penyakit Demam Berdarah!
YouTube/MoMo Bettas USA
Ikan Cupang 

TRIBUNSTYLE.COM - Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung, Dedi Arief Hendriyanto dikabarkan melepas ribuan ekor ikan cupangdi Cimahi, seperti dilansir dari Tribun News Jabar (29/01/2019).

Tak tanggung-tanggung, jenis ikan cupang yang dilepas adalah ikan cupang jenis Crown Tail yang sangat efektif untuk memberantas jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini mewabah di Kota Cimahi.

Waspada Musim Demam Berdarah 2019, Inilah 10 Buah dan Tanaman Obat DBD, Tak Hanya Jus Jambu!

Dedi mengatakan, cupang jenis Crown Tail dikenal rakus, mampu melahap 80 jentik dalam satu kali makan.

Sementara ikan cupang jenis lain hanya mampu memakan 20 sampai 30 jentik nyamuk untuk sekali makan yang ada di genangan air.

Meski demikian, ikan cupang jenis apa pun saat ini akan disebar untuk memberantas jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini mewabah di Kota Cimahi. 

Ikan cupang doyan jentik nyamuk sehingga tepat disebar di genangan air untuk memberantas demam berdarah dengue.
Ikan cupang doyan jentik nyamuk sehingga tepat disebar di genangan air untuk memberantas demam berdarah dengue. (GridHEALTH.id)

Untuk itu, BKIPM Bandung bekerja sama dengan komunitas pecinta ikan yakni Community Beta Cimahi (CBC) melakukan penyebaran ribuan ikan cupang di genangan air seperti di drainase di sekitar RW 05, Kelurahan Cipageran.

"Penyebaran ikan cupang di genangan air rumah warga ini merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai perkembangan nyamuk penyebab DBD," kata Dedi. 

Beberapa anggota komunitas pencinta ikan, mendengar DBD tengah mewabah akhir-akhir ini, penggemar ikan cupang ini merasa terpanggil untuk merelakan ikan-ikan koleksinya dilepas di tempat-tempat air menggenang, salah satunya, di saluran pembuangan.

Kembali menurut Dedi, jentik nyamuk di musim hujan memang sedang banyak-banyaknya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Archieva Nuzulia Prisyta Devi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved