7 Januari 2019, Hari Ini 92 Tahun Lalu, Telepon Internasional Pertama London - New York Berdering

7 Januari 2019, hari ini 92 tahun lalu, telepon internasional pertama London - New York berdering.

7 Januari 2019, Hari Ini 92 Tahun Lalu, Telepon Internasional Pertama London - New York Berdering
icradvertising.com
Alexander Graham Bell 

TRIBUNSTYLE.COM - Perkembangan teknologi dan informasi memudahkan kita untuk berkomunikasi. Walaupun berbeda negara, kita tetap bisa saling terhubung satu sama lain.

Berkembangnya jaringan telepon dan internet membantu kita untuk berkomunikasi tanpa ada jarak.

Kondisi ini tentu berbeda dengan puluhan tahun lalu, ketika komunikasi masih sulit. Teknologi menjadi kendala utama sistem komunikasi ketika itu. Akibatnya, seseorang yang berada di satu benua sulit melakukan komunikasi dengan seseorang di benua lain.

Semua itu berubah setelah penemuan radio, telegraf, bahkan telepon. Berawal dari komunikasi satu arah, akhirnya bisa berkembang menjadi dua arah secara bersamaan.

Pangeran William & Harry Bertelpon dengan Ibu Mereka, Penyesalan Datang Setelah Lady Diana Meninggal

Ketika itu Bell Labs (kini AT&T) melakukan komunikasi secara langsung dengan Kantor Pos Umum Inggris (BT). Percakapan dilakukan oleh Presiden Bell Labs, WS Gifford di New York dan Sir Evelyn Murray, sekretaris Kantor Pos Umum di London.

Dilansir dari The Telegraph, butuh lebih lima dekade setelah penemuan telepon pertama untuk bisa melakukan percakapan antar-benua tersebut.

Percapakan antar keduanya tercatat sebagai panggilan telepon lintas benua pertama di dunia. Setelah peristiwa itu terjadi, maka berbagai perusahaan telepon berlomba-lomba melakukan hal yang sama untuk memberikan layanannya pada komunikasi.

Pengembangan

Sama seperti penemuan lainnya, komunikasi antar-benua menjadi sesuatu hal yang begitu ditunggu-tunggu. Hal ini terus mengalami pembaruan setelah komunikasi telegraf antar-benua pertama pada 1858.

Saat itu, Ratu Inggris Victoria mengirimkan telegram kepada Presiden AS James Buchanan melalui kabel bawah laut yang diletakkan antara Irlandia dan Newfoundland.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Triroessita Intan Pertiwi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved