Gejala PMS yang Wajib Diwaspadai, Jangan Sepelekan Jika Kamu Alami Hal Ini

Moms pasti merasakan gejala-gejala saat sebelum PMS datang, ternyata gejala yang dialami moms dapat berbahaya bila membuat moms tidak sehat.

Gejala PMS yang Wajib Diwaspadai, Jangan Sepelekan Jika Kamu Alami Hal Ini
Parents Magazine
Ilustrasi 

TRIBUNSTYLE.COM  Moms pasti merasakan gejala-gejala saat sebelum PMS datang, ternyata gejala yang dialami moms dapat berbahaya bila membuat moms tidak sehat.

Menurut American College of Obstetri dan Ginekologi (ACOG), 85% dari perempuan yang masih mendapat haid akan mengalami beberapa gejala PMS (Pre-MenstruaSyndrome).

Sekitar 2—10%-nya mengalami gejala PMS berat.

Walau ada sebagian kecil perempuan yang tidak mengalami PMS secara rutin setiap bulan, kehadiran PMS sendiri memang tak dapat dicegah.

ACOG mendefinisikan PMS sebagai kondisi yang dialami oleh perempuan subur dengan gejala ringan hingga berat yang dapat memengaruhi beberapa aspek kehidupan dan secara konsisten datang sebelum menstruasi.

4 Tipe PMS yang Wajib Wanita Tahu, Kamu Sering Alami yang Mana?

Namun apa penyebab PMS, belum diketahui secara pasti, Moms.

Beberapa ahli mengaitkannya dengan tingkat fluktuasi hormon di dalam tubuh perempuan, seperti: berubahnya kadar estrogen dan progesteron, yang memang sedang disiapkan oleh tubuh untuk menstruasi.

Gejala PMS biasanya mulai dirasakan pada dua minggu terakhir siklus menstruasi atau dua minggu sebelum menstruasi datang.

Perempuan di usia awal 20-an hingga akhir 40-an dinilai lebih rentan mengalami gejala PMS, yang bukan hanya fisik, tetapi juga psikologis.

Secara fisik, umumnya meliputi: perut kembung, nyeri payudara, nafsu makan dan berat badan meningkat, sakit kepala hingga punggung, mudah lelah, kulit lebih mudah berminyak atau berjerawat, pencernaan bermasalah seperti diare.

Tips PMS, Coba Diet Sehat dan Atur Pola Tidurmu Untuk Atasi Nyeri Saat Menstruasi, Biar Gak Sakit!

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Galuh Palupi
Sumber: Nakita
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved