Breaking News! Indonesia Resmi Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Breaking News! Indonesia Resmi Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB. Selama 2 tahun ke depan Indonesia menjabat sebagai Anggota Tidak Tetap.

Breaking News! Indonesia Resmi Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
minusma.unmissions.org
Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa / PBB 

TRIBUNSTYLE.COM - Indonesia akhirnya resmi menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Masa bakti selama dua tahun ke depan Indonesia, akan menjabat sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan bersama empat negara lainnya.

Indonesia resmi menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB terhitung mulai Rabu (2/1), ditandai dilakukannya pemancangan bendera di markas PBB di New York, Amerika Serikat. 

"Hari ini, saya mencanangkan Sang Saka Merah Putih di Dewan Keamanan PBB. Menandai Indonesia Resmi jadi anggota Tidak Tetap DK PBB 2019-2020. Bangga. #IniDiplomasi. Mohon doa et dukungan agar dpt laksanakan amanah mulia menjaga perdamaian dunia," tulis Wakil Tetap Indonesia di PBB, Dian Triansyah Djani pada Rabu, 2 Januari 2019 lewat akun media sosialnya. 

Seperti diketahui,  ini adalah liku kisah perjuangan panjang Indonesia sejak 2016 supaya bisa tembus kursi anggota tidak tetap DK PBB .

Selain Indonesia, empat negara lainnya yang ikut menjadi anggota tidak tetap selama dua tahun yakni Republik Dominika, Jerman, Afrika Selatan dan Belgia. 

Bukan sekadar status, posisi strategis ini dinilai penting karena Indonesia dapat ikut memengaruhi kebijakan strategis agar bisa menjaga keamanan dan perdamaian internasional, termasuk isu-isu Timur Tengah khususnya Palestina yang selama ini jadi perhatian khusus pemerintah Indonesia. (*) 

Ikuti kami di
Editor: Agung Budi Santoso
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved