Gempa Sulawesi Tengah

BNPB Beberkan Kronologi Lengkap dari Gempa Donggala dan Tsunami Palu yang Menelan 420 Jiwa

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), hingga Sabtu (29/9/2018) malam, korban tewas di Palu mencapai 420 jiwa.

BNPB Beberkan Kronologi Lengkap dari Gempa Donggala dan Tsunami Palu yang Menelan 420 Jiwa
TribunStyle.com/ ACT
Gempa Donggala dan tsunami di Palu

TRIBUNSTYLE.COM - Pada hari Jumat (28/9/18) lalu, gempa bumi yang berkekuatan 7,4 magnitudo mengguncang pesisi barat leher kota Palu Sulawesi Tengah.

Gempa tersebut nenimbulkan tsunami di tiga tempat, diantaranya Palu, Donggala, dan Mamuju.

Dikutip TribunStyle dari Kompas.com, menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), hingga Sabtu (29/9/2018) malam, korban tewas di Palu mencapai 420 jiwa.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB. Sutopo Purwo Nugroho, menyampaikan kronologi gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Menurut Sutopo, gempa pertama kali mengguncang Donggala pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6 dengan kedalaman 10 km.

Masih diktuip dari sumber yang sama, setelah itu, gempa kembali terjadi pukul 17.02 WIB dengan kekuatan yang lebih besar, yaitu magnitudo 7,4 dengan kedalaman yang sama, 10 km di jalur sesar Palu Koro.

Menurut Sutopo, gempa tersebut tergolong gempa dangkal dan berpotensi memicu tsunami.

"Gempa ini adalah gempa yang dangkal akibat jalur sesar Palu Koro yang dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan struktur sesar mendatar miring, dan gempa ini berpotensi memicu tsunami," kata Sutopo di kantor BNPB, Utan Kayu, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Lima menit pascagempa, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini tsunami.

"Ketika terjadi warning tsunami, BMKG menyatakan pada pukul 17.02 dengan status Siaga dan Waspada. Arti status Siaga, tinggi tsunami adalah 0,5-3 meter untuk di pantai barat Donggala. sedangkan Waspada, kurang dari setengah meter Kota Palu bagian barat," ujar Sutopo.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: anggraini nurul fatimah
Editor: Dimas Setiawan Hutomo
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved