CPNS 2018

Pelamar CPNS 2018 Wahib Tahu, Ini Penjelasan Tentang SKD dengan CAT BKN untuk Seleksi

Salah satu tahap yang harus dilalui pelamar CPNS 2018 adalah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Pelamar CPNS 2018 Wahib Tahu, Ini Penjelasan Tentang SKD dengan CAT BKN untuk Seleksi
Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Peserta bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Kampus Stie Amkop jalan Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/9). Sebanyak 11 ribu lebih peserta CPNS Strata satu (S1) dan SLTA mengikuti tes tersebut mulai 11-16 September 2017, sementara kouta untuk penerimaan pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel sebanyak 651 orang yang akan ditempatkan di Lapas, Rutan dan kantor Imigrasi setempat. tribun t 

TRIBUNSTYLE.COM - Bersiap-siaplah bagi Anda yang berminat untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebentar lagi, pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk mengisi sejumlah jabatan di instansi pemerintahan.

Inilah Masalah yang Paling Banyak Dialami Pendaftar CPNS 2018, Begini Tips Menghindarinya

Namun saat ini, pemerintah belum mengumumkan secara resmi, formasi apa saja yang dibutuhkan.

Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menjelaskan, proporsi terbesar penerimaan CPNS 2018 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis, untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan.

Oleh karena itu, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

“Kita memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” kata Asman di sela acara Buka Bersama dan Peluncuran Corporate Card BRI di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Untuk dapat diterima mennjadi CPNS, salah satu tahap yang harus dilalui pelamar adalah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Tahap ini dilaksanakan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) di akun media sosial resminya menjelaskan, peserta akan mendapat 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit saat TKD dilaksanakan.

90 soal itu terbagi ke dalam tiga jenis tes, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Tags
CPNS 2018
Editor: Amirul Muttaqin
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help