Apa yang Harus Dilakukan Jika Data Pengguna Facebook Sudah Bocor?

Kebocoran data sekitar 1 juta pengguna Facebook di Indonesia berpotensi disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab atau hacker.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Data Pengguna Facebook Sudah Bocor?
Facebook
Facebook 

 TRIBUNSTYLE.COM - Kebocoran data sekitar 1 juta pengguna Facebook di Indonesia berpotensi disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab atau hacker.

Tergantung data yang bocor apa saja, bisa saja misal identitas pribadi temasuk di dalamnya nama, alamat, nomor handphone dan alamat e-mail.

Nah untuk data-data seperti itu bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan phising atau penipuan ke pengguna lain tanpa si hacker perlu 'menciptakan' karakter baru dan bahkan data yang digunakan kan bisa dikatakan valid.

Data-data yang diambil seperti nama, alamat, nomor hp, e-mail bahkan juga kadang informasi kerabat dan lain-lain juga bisa digunakan.

Selain Centang Biru, Ternyata Ada Cara Ini Untuk Tahu Kapan Pesan WhatsApp Dibaca!

Untuk solusi sebenarnya kalau sudah bocor ya susah juga. Sebab datanya kan sudah 'dipegang' oleh hacker, paling mungkin dilakukan, segera ubah informasi dan data penting seperti e-mail dan nomor HP atau bahkan hapus alamat yang ada.

Makanya kadang pada awal biasanya sudah diberi peringatan untuk berhati-hati dengan data yang diinputkan. Kalau upaya lain, misal ini kita bicara kasus Facebook, ya bisa saja langsung hapus/tutup akun dengan mencatat tanggal tutup, kalau perlu di-screenshot sekalian sebagai bukti dikemudian hari jika diperlukan.

Cuma seperti yang saya bilang tadi, hal ini pun tidak begitu efektif, karena data awal kan sudah ada di tangan hacker.

Intinya paling penting adalah, dijaga saja informasi e-mail dan nomor HP. Jangan sampai di-take over oleh orang lain, sehingga kalau ada informasi atau apa, bisa dibuktikan bahwa semua masih dipegang oeh pemilik.

Hal ini sebenarnya sudah berkali-kali ditekankan oleh banyak pihak, intinya adalah berhati-hatilah menggunakan informasi/identitas asli 'yang sebenarnya' untuk kegiatan yang bersifat online, karena segala kemungkinan itu bisa terjadi di dunia online.

Terutama sekali untuk situs-situs seperti media sosial, karena justru dari medsos ini-lah sebenarnya ancaman kebocoran data paling besar bisa terjadi.

Bagi pemerintah dan pemangku kebijakan, ya mungkin saja jangan bosan-bosan untuk memperingatkan kepada konsumen dan masyarakat tentang ancaman bahaya dunia cyber. Terutama dengan terus melakukan sosialisasi ataupun bisa peringatan-peringatan yang selama ini telah dilakukan. (tribunjateng/Wan)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Jika "Data Pengguna Facebook sudah Bocor, Ini yang Harus Dilakukan"

Yuk Subscribe YouTube dan Like Fanpage TribunStyle.com di bawah ini:

Ikuti kami di
Tags
Facebook
Editor: Amirul Muttaqin
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved