Ilmuwan Beri Peringatan Tentang Wabah Mematikan yang Bisa Membunuh Jutaan Orang di Bumi

Peneliti dari Norwegia John-Arne Rottingen mengatakan bahwa wabah mematikan selanjutnya bisa menjadi "sesuatu yang belum pernah lihat sebelumnya."

Ilmuwan Beri Peringatan Tentang Wabah Mematikan yang Bisa Membunuh Jutaan Orang di Bumi
Ilustrasi 

TRIBUNSTYLE.COM - Sebuah penyakit yang diberi julukan Disease X belum teridentifikasi dan sangat mematikan telah dimasukkan ke dalam daftar potensi epidemik global yang bisa membunuh jutaan orang.

Setiap tahunnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat sebuah daftar yang berisi penyakit-penyakit yang bisa menjadi pandemik di seluruh dunia.

Tahun ini, penyakit Disease X masuk ke dalam daftar, menambahkan penyakit yang sudah familiar seperti Ebola, SARS dan virus Zika.

Melansir dari Mirror, tidak seperti patogen lainnya, belum diketahui apa penyabab terjadinya Disease X dan bagaimana dokter menanganinya.

Para peneliti telah menambahkan Disease X ke dalam daftar ancamanya untuk menyadari fakta bahwa pandemik selanjutnya mungkin dimulai dari penyakit yang tidak disebabkan oleh masalah apa pun seperti sebelumnya.

"Disease X mewakili pengetahuan bahwa sebuah epidemik internasional yang serius bisa terjadi karena sebuah patogen yang belum diketahui penyebabnya."

Peneliti dari Norwegia dan penasihat WHO, John-Arne Rottingen mengatakan bahwa wabah mematikan selanjutnya bisa menjadi "sesuatu yang belum pernah lihat sebelumnya."

"Mungkin agak aneh menambahkan kata 'X' tapi poinnya adalah kami ingin memastikan bahwa kami siap dan sudah merencanakan sesuatu seperti vaksin dan tes diagnosis," ungkapnya kepada The Daly Telegraph.

()

Disease X bisa juga merupakan buatan manusia, bukan buah tangan alam.

Ada ketakutan bahwa penggunaan dan pengembangan senjata kima dan biologis sedang tumbuh.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Dimas Setiawan Hutomo
Editor: Dimas Setiawan Hutomo
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help