Home »

Life

»

story

Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Konflik Myanmar, Tapi Lokasinya di Bangladesh, Ini Alasan Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas 34 ton bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingnya di perbatasan Myanmar-Bangladesh, Rabu (13/9/2017) pagi.

Jokowi Kirim Bantuan untuk Korban Konflik Myanmar, Tapi Lokasinya di Bangladesh, Ini Alasan Presiden
Tribunnews
Jokowi 

TRIBUNSTYLE.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas 34 ton bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingnya di perbatasan Myanmar-Bangladesh, Rabu (13/9/2017) pagi.

Melalui akun Facebook miliknya, Preside Jokowi menjelaskan proses pengiriman bantuan kemanusiaan Indonesia untuk para pengungsi dari Rakhine State Myanmar.

Dalam foto yang diunggah, Presiden Jokowi terlihat mengawasi langsung pelepasan bantuan kemanusiaan itu di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Seberat 34 ton bantuan itu terdiri dari makanan siap saji, paket sembako, family kit, tangki air, pakaian, selimut, dan tenda untuk pengungsi.

Kumpulan Meme Kocak Netizen Sebut Presiden Jokowi Tak Bisa Jaga Aset Negara, Ngakak Sob!

Bantuan itu diangkut menggunakan empat pesawat Hercules.

Pesawat Hercules itu menuju bandara di kota Chittagong Bangladesh, atau sekitar 170 kilometer dari kamp pengungsi di Cox's Bazaar.

Presiden Jokowi menerangkan alasannya kenapa bantuan itu dikirim ke Bangladesh bukan di tempat asal pengungsi itu tinggal atau Rakhine State, Myanmar.

"Mengapa Bangladesh? Karena sebagian besar mereka berada di kamp-kamp pengungsian di perbatasan Bangladesh-Myanmar, terutama di kamp Cox's Bazaar dan Kutupalong.

PBB memperkirakan jumlah mereka saat ini lebih dari 370.000 orang.

Kali ini, bantuan kirim melalui empat pesawat agar secepatnya diterima oleh para pengungsi di perbatasan Bangladesh dan Myanmar." terang Presiden Jokowi di laman Facebooknya, Rabu (13/9/2017).

Jokowi melanjutkan bahwa bantuan ini bukanlah yang terakhir.

Ke depan, pemerintah Indonesia berkomitmen terus menghimpun bantuan kemanusiaan untuk didistribusikan kepada ratusan ribu pengungsi Rohingya.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan telah bersama-sama dengan pemerintah baik dari masyarakat, ormas, pemerintah daerah, pengusaha, yang bersama-sama pemerintah menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi dari Rakhine State, baik yang berada di Myanmar maupun Bangladesh." ujar Jokowi.

(TribunStyle.com/Verlandy Donny Fermansah)

Ikuti kami di
Penulis: Verlandy Donny Fermansah
Editor: Desi Kris
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help