Virus Mers-CoV Merajalela di Arab Saudi, Para Jemaah Haji Dihimbau Waspada!

Apalagi, sudah ada kasus orang di Arab Saudi terjangkit virus mematikan tersebut.

Virus Mers-CoV Merajalela di Arab Saudi, Para Jemaah Haji Dihimbau Waspada!
asliindonesia.net
Jamaah Haji 

TRIBUNSTYLE.COM - Jemaah haji Indonesia diimbau waspada terhadap bahaya virus Mers-CoV di Arab Saudi, meskipun sejauh ini tidak ditemukan ada yang terjangkit virus bahaya tersebut.

Kepala Pusat Kesehatan, Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusuf Singka mengatakan bahwa para jemaah haji harus tetap melakukan tindakan preventif agar tidak tertular.

Apalagi, sudah ada kasus orang di Arab Saudi terjangkit virus mematikan tersebut.

"Satu warga Arab Saudi dan satu lagi ekspatriat. Lokasi keduanya berada di luar kota haji, tepatnya di sebelah utara Saudi," ujar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2017).

Tak hanya itu, Eka juga mengungkapkan, ada dua kasus lagi yang menimpa dua wanita ekspatriat berusia 38 dan 42 tahun di Provinsi Al Jouf.

Kota tempat korban Mers-CoV diketahui adalah Hail dan Khamis Mushayt.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Madinah Ika Nufrida Shaleh, mengatakan bahwa ada beberapa tips agar jemaah haji terhindar dari virus MERS.

Ika membeberkan tips tersebut antara lain, para jemaah haji harus rajin mencuci tangan dengan sabun, menutup mulut pada saat batuk atau bersin.

Selain itu, jemaah haji juga harus selalu menggunakan masker terutama bila berada di kerumunan orang, dan tidak mengunjungi peternakan dan tempat pemotongan hewan, terutama Unta.

"Jika selama di Arab Saudi ada keluhan batuk, demam atau sesak napas dan dalam dua hari memburuk, maka segeralah periksa ke dokter," kata Ika. (Moh. Nadlir/Kompas.com)

Berita ini pernah dipublikasikan Kompas.com berjudul Virus Mers-CoV Baru Ditemukan di Luar Lokasi Haji, Jemaah Tetap Diminta Waspada

Ikuti kami di
Tags
Arab Saudi
Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help