Hati-hati Memilih, Bisa Saja Sarapanmu Sebabkan Kegemukan

Para peneliti menguji bagaimana tiga bahan kimia yang umum ditemukan dalam makanan atau produk terkait makanan.

Hati-hati Memilih, Bisa Saja Sarapanmu Sebabkan Kegemukan
brightonescrow
sarapan 

TRIBUNSTYLE.COM - Pernahkah Anda bertanya mengapa sereal sarapan Anda tetap segar walau sudah berminggu-minggu dibuka?

Ternyata penyebabnya adalah pengawet yang disebut butylated hydroxytoluene, atau BHT, yang dipakai untuk melindungi nutrisi dan menjaga lemak tidak rusak.

Tapi bahan kimia itu—beserta peralatan makan atau peralatan masak lainnya— tanpa disadari membuat Anda gemuk. Begitu menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Nature Communications.

Rutin Sarapan dengan Salad, Bersiaplah Mendapatkan Manfaat Besar Ini

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menguji bagaimana tiga bahan kimia yang umum ditemukan dalam makanan atau produk terkait makanan, dapat mengganggu sinyal kenyang dari otak Anda (yaitu, sinyal yang memberitahu bahwa Anda tidak lagi lapar).

Dengan menggunakan sel induk manusia, para peneliti menumbuhkan jaringan yang melapisi usus, dan jaringan saraf yang membentuk wilayah hipotalamus otak Anda, yang mengatur nafsu makan dan metabolisme Anda.

Kemudian mereka memberi jaringan itu paparan BHT, asam perfluorooctanoic (PFOA), bahan kimia yang ditemukan di beberapa peralatan masak, dan tributiltin (TBT), senyawa pada cat yang bisa masuk ke dalam air dan masuk ke tubuh hewan-hewan laut.

Para periset menemukan bahwa paparan bahan kimia ini merusak hormon yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara jaringan usus dan jaringan otak.

Ia mengacaukan sinyal kenyang yang dikirimkan ke otak Anda sehingga otak tidak menerima pesan bahwa Anda sebenarnya sudah kenyang.

10 Tahun Tak Pernah Sarapan, Wanita Ini Alami Sakit Perut Parah! Saat Dioperasi, Ditemukan Benda Ini

Halaman
12
Ikuti kami di
Tags
Kompas.com
Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help