Waspada! Ternyata Kuman di Tempat Cuci Piring Lebih Banyak

Inilah yang terjadi bila sehabis cuci piring, Anda tak membersihkan wastafel cuci piring di dapur dari makanan sisa.

Waspada! Ternyata Kuman di Tempat Cuci Piring Lebih Banyak
YouTube
Ilustrasi 

TRIBUNSTYLE.COM - Inilah yang terjadi bila sehabis cuci piring, Anda tak membersihkan wastafel cuci piring di dapur dari makanan sisa.

Tidak peduli seberapa bersih Anda, dapur bisa lebih kotor dari kamar mandi bila Anda tak rutin membersihkannya, ungkap lembaga kesehatan nasional NHS di Inggris.

Wastafel cuci piring di dapur biasanya berisi 100.000 kuman, hampir sama dengan jumlah kuman di kamar mandi atau toilet menurut NHS.

Membersihkan wastafel cuci piring dengan cuka dan baking soda ataupun garam setiap malam dapat menekan pertumbuhan kuman menjadi sedikit.

Pastikan pula tidak ada makanan sisa yang dibiarkan mengendap dalam wastafel cuci piring, karena kelembaban dan sisa makanan yang membusuk menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.

“Bila tidak begitu, wastafel yang kotor dapat mencemar sayur dan buah yang Anda konsumsi segar. Sehingga kontaminasi bakteri yang menyebabkan diare atau tipus kadang bukan datang dari bahan makanan, melainkan dari wastafel yang Anda gunakan untuk membersihkan makanan,” papar NHS.

Selain wastafel cuci piring, penyebab terbesar terjadinya kontaminasi bakteri pada makanan ialah pisau dan talenan yang tak dibersihkan dengan baik.

NHS merekomendasikan untuk menggunakan lemon dan garam untuk membersihkan talenan kayu dan pisau. Ketika selesai membersihkan, letakkan keduanya dalam lingkungan kering dan jangan biarkan lembab.

(Ayunda Pininta/kompas.com)

Ikuti kami di
Editor: Delta Lidina Putri
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help